Tugas dan Fungsi

TUGAS DAN FUNGSI

Kepala Badan

  1. Kepala Badan mempunyai tugas membantu Walikota untuk melaksanakan fungsi penunjang urusan pemerintahan di bidang kepegawaian, pendidikan dan pelatihan.
  2. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Badan menyelenggarakan fungsi :
  • Penyusunan kebijakan teknis di bidang kepegawaian, pendidikan dan pelatihan;
  • Pelaksanaan tugas dukungan teknis di bidang kepegawaian, pendidikan dan pelatihan;
  • Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan di bidang kepegawaian, pendidikan dan pelatihan;
  • pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah di bidang kepegawaian, pendidikan dan pelatihan; dan
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan Pimpinan sesuai bidang tugas dan fungsi.

Sekretaris

  1. Sekretaris mempunyai tugas menyelenggarakan pelaksanaan kegiatan ketatausahaan meliputi administrasi umum, kepegawaian, naskah dinas, penyusunan program kegiatan dan pelaporan serta perencanaan dan keuangan.
  2. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretaris menyelenggarakan fungsi :
  • Pengkoordinasian, sinergitas dan integritas pelayanan administrasi;
  • Penyusunan perencanaan program, kegiatan dan melaksanakan pelaporan;
  • Pelayanan urusan ketatausahaan dan keuangan;
  • Penyelenggaraan urusan umum dan kepegawaian;
  • Penyelenggaraan urusan program dan pelaporan;
  • Penyelenggaraan urusan umum dan rumah tangga;
  • Pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan pimpinan sesuai bidang tugas dan fungsi.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

  1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas menyusun rencara kerja, melaksanakan tugas teknis ketatausahaan, mengelola administrasi kepegawaian serta melaksanakan urusan rumah tangga.
  2. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sub Bagian Umum dan Kepegawaian menyelenggarakan fungsi :
  • Menyusun rencana dan program kerja untuk sub bagian umum dan kepegawaian;
  • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang umum dan kepegawaian;
  • Menyiapkan bahan dan peralatan keperluan teknis dan administrasi;
  • Menata dan memelihara sarana dan prasarana;
  • Menyiapkan bahan dan data kepegawaian;
  • Melaksanakan penataan dan pengelolaan administrasi umum dan administrasi kepegawaian ;
  • Mengelola dan melaksanakan urusan ketatausahaan dan kearsipan;
  • Melaksanakan urusan administrasi, pembinaan dan pengawasan kepegawaian di lingkungan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan;
  • Mengelola dan melaksanakan urusan keprotokolan dan perjalanan dinas;
  • Melaksanakan dan mengawasi urusan rumah tangga;
  • Melaksanakan pengelolaan dan pemeliharaan atas barang inventaris/aset kantor, baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak;
  • Melakukan proses administrasi terkait dengan penatausahaan, tata laksana dari pengelolaan kesekretariatan;
  • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan kegiatan; dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan Pimpinan sesuai bidang tugas dan fungsi.

Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan 

  1. Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai tugas menyiapkan dan menyusun perencanaan berdasarkan perencanaan dari bidang dan sub bidang dalam unit kerja, melakukan koordinasi, pengawasan dan evaluasi, melakukan urusan penatausahaan dan pengelolaan administrasi keuangan, menyusun program dan kegiatan, serta melaksanakan pelaporan.
  2. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan menyelenggarakan fungsi :
  • Menyusun rencana dan program kerja untuk sub bagian perencanaan dan keuangan;
  • Mengumpulkan, mengkoordinasikan dan menyusun rencana dan program kerja Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatian;
  • Mengumpulkan dan menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dari masing-masing unit kerja;
  • Mengkoordinasikan dan menyusun Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Rencana Kerja Tahunan, Penetapan Kinerja Tahunan, Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Rencana Strategis dan Rencana Kerja;
  • Mengkoordinasikan, menyusun dan menganalisis rumusan rencana anggaran/keuangan dan belanja;
  • Mengkoordinasikan dan menyusun Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Keuangan/Anggaran;
  • Menyiapkan, menyusun dan melaporkan realisasi fisik dan keuangan/anggaran;
  • Menyiapkan dan melaksanakan bahan /data, sistimatika, prosedur dan mekanisme manajemen akuntasi pelaporan;
  • Melakukan koordinasi dalam pelaksanaan tugas;
  • Melakukan monitoring, evaluasi daa pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan Pimpinan sesuai bidang tugas dan fungsi

Bidang Pengadaan dan Peagembangan Kompetensl

(1) Bidang Pengadaan dan Pengembangan Kompetensi mempunyai tugas melaksanakan urusan di bidang pengadaan, pemberhentian,  informasidan pengembangan kompetensi aparatur.

(2) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (l), Bidang Pengadaan dari Pengembangan Kompetensi menyelenggarakan fungsi :

  • penyusunan rencana dan program kerja bidang pengadaan dan pengembangan kompetensi;
  • perumusan kebijakan, regulasi, norma, standar, pedoman dan kriteria di bidang pengadaan dan pengembangan kompetensi;
  • penyusunan rencana kebutuhan, jenis dan jumlah jabatan untuk pelaksanaan pengadaan;
  • penyelenggaraan pengadaan PNS, PPPK dan pengembangan kompete
  • pengkoordinasian pelaksanaan administrasi pemberhentian;
  • pengkoordinasian darr kerjasama pelaksanaan seleksi jabatan;
  • verilikasi dokumen administrasi pemberhentian;
  • verifikasi database informasi kepegawaian;
  • pengkoordinasian penyusunan informasi kepegawaian;
  • pelaksanaan fasilitasi lembaga profesi ASN;
  • perencanaan kebutuhan pendidikan dan pelatihan baik penjenjangan maupun sertifikasi;
  • fasilitasi pelaksalaan pendidikaa dan pelatihaa teknis fungsional;
  • melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaaa tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain yang diberikan Pimpinan sesuai bidang tugas dan fungsi.
Sub Bidang Pengadaan dan Pemberhentian
 

1. Sub Bidang Pengadaan dan Pemberhentian mempunyai tugas melaksaaakan urusan pengadaan dan pemberhentian dalam pengelolaan urusan kepegawaian

2. Dalam melaksanakan tugas sebagaiarnana dimaksud pada ayat (1), Sub Bidang Pengadaan dan Pemberhentian menyelenggarakan fungsi :

menyusun rencana dan program kerja sub bidang pengadaan dan pemberhentian;
  • menyiapkan dan merumuskan kebijakan, regulasi, norrna, standar,pedoman, kriteria di bidang pengadaan dan pemberhentian;
  • menyusun rencana kebutuhan, jenis dan jumlah jabatan untuk pelaksanaan pengadaan ;
  • Penyelenggaraan pengadaan PNS, PPPK dan pengembangan kompetensi;
  • pengkoordinasian pelaksanaan administrasi pemberhentian;
  • pengkoordinasian darr kerjasama pelaksanaan seleksi jabatan;
  • verilikasi dokumen administrasi pemberhentian;
  • verifikasi database informasi kepegawaian;
  • pengkoordinasiaa penJrusunan informasi kepegawaian;
  • pelaksanaan fasilitasi lembaga profesi ASN;
  • perencanaan kebutuhan pendidikan dan pelatihan baik penjenjangan maupun sertifikasi;
  • fasilitasi pelaksalaan pendidikaa dan pelatihaa teknis fungsional;
  • melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaaa tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain yang diberikan Pimpinan sesuai bidang tugas dan fungsi.
 
Sub Bldang Peagadaan dan Pemberhentian
 
Sub Bidang Pengadaan dan Pemberhentian mempunyai tugas melaksanakan urusan pengadaan dan pemberhentian dalam pengelolaan urusan kepegawaian.
  1. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sub Bidang Pengadaan dan Pemberhentian menyelenggarakan fungsi :
  • menyusun rencana dan program kerja sub bidang pengadaan dan pemberhentian;
  • menyiapkan dan merumuskan kebijakan, regulasi, norrna, standa_r, pedoman, kriteria di bidang pengadaan dan pemberhentian;
  • menyusun rencana kebutuhan, jenis dan jumlah jabatan untuk pelaksanaan pengadaan ;
  • merencanakan dan melaksanakan pengadaan PNS dan PPPK;
  • mengkoordinasikan, menyiapkan data dan memproses pelaksanaan pemberhentian;
  • mengkoordinasikan dan melaksanakan kerjasama pelaksanaan seleksi jabatan;
  • melakukan verifikasi dokumen administrasi pemberhentian;
  • melakukan verilikasi database informasi kepegawaian;
  • mengkoordinasikan penyusunan informasi kepegawaian;
  • melalakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas; dan

Sub Bidang Fasilltasl Profesi ASN, Data dan Informasi

(1) Sub Bidang Fasilitasi Profesi ASN, Data dan Informasi mempunyai tugas melaksanakan urusan fasilitasi profesi asn, data dan informasi dalam manajemen kepegawaian.
(2) Dalam melaksanakan tugas sebagaiamana dimaksud pada ayat (1), Sub Bidang Fasilitasi Profesi ASN, Data dan Informasi menyelenggarakan fungsi :
  • menyusun rencana dan program kerja sub bidang fasilitasi profesi ASN, data dan informasi;
  • menyiapkan dan merumuskan kebijakan, regulasi, norma, standar, pedoman, kriteria di bidang fasilitasi profesi ASN, data dan informasi;

  • merencanakan dan melaksanakan fasilitasi kelembagaan profesi ASN (Korpri dan lembaga profesi lainnya);

  • mengelola administrasi umum, kepegawaian dan kegiatan keorganisasian untuk mendukung tugas dan fungsi lembaga profesi ASN;

  • mengkoordinasikan tata hubungan kerja disetiap jenjang kepengurusan;

  • merencanakan dan mengembangkan sistem informasi kepegawaian; mengelola data dan sistem informasi;

  • melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas; dan

  • melaksanakan tugas lain yang diberikan Pimpinan sesuai bidang tugas dan fungsi.

Sub Bidang Pendidikan, Pelatihan dan pengembangan Kompetensi

(1) Sub Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi mempunyai tugas melaksanakan urusan pendidikan, pelatihan dan
pengembangan kompetensi kepegawaian
 
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana yang dimaksud pada ayat (1), Sub Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi menyelenggarakan fungsi :
 
  • menyusun rencana dan program keq'a sub bidang pendidikan,pelatihan dan pengembangan kompetensi;

  • menyiapkan dan merumuskan kebijakal, regulasi, norma, standar,pedoman, kriteria di bidang pendidikan, pelatihan dan pengembangan kompetensi;

  • menyusun daftar kebutuhan diklat penjenjangaa dan sertifikasi, teknis fungsional darl pengembangan kompetensi;

  • inventarisasi data calon peserta diklat;

  • mengusulkan peserta diklat;

  • mengkoordinasikaa dan kerja sama pelaksanaan diklat;

  • melalukan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksaaaan tugas; dan

  • melaksanakan tugas lain yang diberikan pimpinan sesuai bidang tugas dan fungsi.

 

Bidang Penilaian Kinerja, Mutasl dan promosi

(1) Bidang Penilaian Kinerja, Mutasi dan promosi mempunyai tugas melaksanakan urusan di bidang penilaian kinerja, penghargaan, mutasi dan promosi.

(2) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimalPenilaian Kinerja, Mutasi dan Promosi menyelenggarakan fungsi :
  • penyusunan rencara dan program kerja bidang penilaian kinerja,mutasi dan promosi;
  • perumusan kebijakan, regulasi, norrna, standar, pedoman, kriteria dibidang penilaian kinerja, mutasi dan promosi;
  • pelaksanaaa kegiatan penilaiaa kinerja dan penghargaan;
  • pengkoordinasian kegiatan penilaian kineq'a dan pelaksanaan mutasiserta promosi;
  • pelaksanaan evaluasi hasil penilaian;
  • verifikasi usulan pemberian penghargaan;
  • verfikasi dokumen mutasi dan promosi;
  • melalakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaal tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain yang diberikan Pimpinan sesuai bidang tugas dan fungsi

 

Sub Bldang Penilaian dan Evaluasi Kinerja

(1) Sub Bidang Penilaian dan Evaluasi Kineq'a mempunyai tugas melaksanakan urusan penilaian dan evaluasi kineq'a pegawai.
(2) Dalam melaksanakan tugas sebagaiarnana dimaksud pada ayat (1), Sub Bidang Penilaian dan Evaluasi Kinerja menyelenggarakan fungsi :
  • menyusun rencana dan program kerja sub bidang penilaian dan evaluasi kine{a;
  • menyiapkan dan merumuskan kebijakan, regulasi, norna, standar, pedoman, kriteria di bidang penilaian dan evaluasi kinerja;
  • merencanakan dan melaksanakan penilaian dan evaluasi kinerja aparatur;
  • membuat dan menginformasikaa indikator penilaian dan evaluasi kinerja sesuai ketentuan perundang-undangal yang berlaku ;
  • menganalisis hasil penilaian dan evaluasi kinerja;
  • mengkoordinasikan dan kerl'a sama pelaksanaan penilaian dan evaluasi kinerja;
  • melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain yang diberikan pimpinan sesuai bidang tugas dan fungsi.

Sub Bidang Disiplin dan Penghargaan

(1) Sub Bidang Disiplin dan Penghargaan mempunyai tugas melaksanakan urusan disiplin dan penghargaan.
(2) Dalam melaksanakan tugas sebagaiamana dimaksud pada ayat (1), Sub Bidang Disiplin dan Penghargaan menyelenggarakan fungsi :
  • menyusun rencana dan program ke{a sub bidang disiplin danpenghargaan;

  • menyiapkan dan merumuskan kebijakan, regulasi, norma, standar, pedoman, kriteria di bidang disiplin dan penghargaan

  • merencanakan dan melaksanalal pembinaan aparatur;

  • verifikasi tingkat kehadiran aparatur;

  • melakukan pengkajian di bidang penjatuhan hukuman disiplin;

  • menyusun dan memproses usulan pemberian penghargaan;

  • melalukan monitoring, evaluasi dan pelaporal pelaksalaan tugas; dan

  • melaksanakan tugas latn yang diberikan Pimpinan sesuai bidang tugas dan fungsi

 

Sub Bidang Mutasi dan Promosl

1. Sub Bidang Mutasi dan Promosi mempunyai tugas melaksaaakan urusan di bidang mutasi dan promosi.
2 .Dalam melaksanakan tugas sebagaiarnana dimaksud pada ayat (1), Sub Bidang Mutasi dan Promosi  menyelenggarakan fungsi :
  • mennyusun rencana dan program kerja sub bidang mutasi dan promosi;
  • menyiapkan dan merumuskan kebijakan, regulasi, norma, standar, pedoman, kriteria di bidang mutasi dan promosi;
  • merencanakan dan melaksanakan mutasi dan promosi;
  • verifikasi dokumen mutasi;
  • melaksanakan administrasi penempatan dari dan dalam jabatan berdasarkan klasifikasi jabatan ;
  • membuat daftar penjagaan pensiun;
  • verifikasi dokumen usulan pensiun;
  • membuat daftar penjagaan kenaikan pangkat;
  • verifikasi berkas usul kenaikan pangkat;
  • mengusulkan berkas kenaikan pangkat;
  • verifikasi draft keputusan kenaikan paagkat;
  • menyusun pedoman pola pengembangan karir;
  • menyusun daftar urut kepangkatan;
  • menganalisa dan verilikasi berkas usulan promosi;
  • melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain yang diberikan Pimpinan sesuai bidaag tugas dan fungsi.